13 Produk Chemical Sunscreen Lokal Terbaik untuk Berbagai Jenis Kulit

rekomendasi chemical sunscreen

Chemical sunscreen adalah jenis tabir surya yang secara mekanis bekerja menyerap sinar dan melepas sinar UV. Tidak hanya produk impor, sekarang banyak chemical sunscreen lokal yang berkualitas dan bisa kamu andalkan.

Jika kamu masih bingung seperti apa itu chemical sunscreen? Maka kamu perlu membandingkannya dengan tabir surya jenis lain salah satunya dari kandungan yang ada di dalam produk tabir surya tersebut.

Contoh kandungan yang ada dalam chemical sunscreen adalah Oxybenzone, Avobenzone, serta Homosalate. Kandungan tersebut merupakan senyawa organic untuk menyerap sinar UV.

Rekomendasi Chemical Sunscreen Lokal

Dibandingkan non chemical sunscreen, tabir surya jenis ini lebih rentan terhadap masalah iritasi. Namun, setiap produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Contoh chemical sunscreen yang aman untuk semua tipe kulit adalah Biore Aqua Rich.

Apa saja produk sunscreen chemical lainnya? Yuk, intip rekomendasinya!

1. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel

chemical sunscreen lokal

Rekomendasi pertama adalah Hydrasoothe Sunscreen Gel dari Azarine. Chemical sunscreen dengan bahan dasar air ini cocok bagi kamu yang mencari sunscreen untuk kulit berminyak.

Kandungan sunscreen ber-SPF 45 PA+++ di dalamnya tidak hanya melindungi kulitmu dari  sinar UV saja. Terdapat pula kombinasi ekstrak delima dan green tea untuk melindungi dari radikal bebas.

Ada juga kandungan propolis sebagai antiseptic. Kandungan ini juga berfungsi untuk meregenerasi sel kulit rusak serta menyamarkan noda sehingga dapat juga dipilih sebagai sunscreen untuk kulit berjerawat.

2. Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence

apa itu chemical sunscreen

Produk chemical sunscreen selanjutnya ada Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence. Produk ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang mencari sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Dengan kandungan chemical sunscreen yaitu bisabolol, produk ini berguna untuk mengatasi iritasi akibat kondisi kulit tersebut. Kandungan ini juga mampu mengurangi masalah kemerahan di kulit.

Sunscreen chemical ini juga cocok untuk kamu yang banyak bekerja di depan laptop, karena perlindungan SPF50 PA++++ dalam produk ini tidak hanya melindungi dari sinar UV, tapi juga Blue Light yang memberikan efek buruk pada kulit.

3. Erha21 Perfect Shield Helios

sunscreen chemical

Erha21 Perfect Shield Helios merupakan salah satu best chemical sunscreen yang bisa dipilih oleh kamu yang mencari sunscreen untuk kulit sensitif. Kandungannya diklaim aman bila kamu punya kulit yang mudah ‘rewel’.

Produk ini tawarkan perlindungan yang lengkap, baik dari pengaruh buruk paparan sinar UV, efek blue light dari layar gadget, maupun polusi udara saat beraktivitas di luar ruangan.

Produk ini cocok bagi kamu yang mencari chemical sunscreen untuk kulit sensitif, karena  dibuat menggunakan  teknologi PollustopTM yang diklaim dapat melindungi kulit dari polutan mikropartikel PM 2,5.

Di dalam produk chemical sunscreen yang satu ini terdapat pula kombinasi Soybean Phyto Placenta Extract, Vitamin E, dan CoQ10 sebagai pelindung dari kerusakan DNA kulit.

Chemical sunscreen lokal ini juga cocok bagi kamu yang mencari sunscreen untuk kulit kering karena mengandung d-Panthenol yang berfungsi memberikan kelembaban kulit.

Selain itu, di dalam produk ini juga masih ada kombinasi brightening peptide dan water lily flower extract yang bermanfaat mencerahkan kulit, lho.

4. Emina Sun Battle SPF30

contoh chemical sunscreen

Produk-produk Emina memang dikenal cocok untuk anak muda. Salah satunya adalah produk tabir surya yang direkomendasikan sebagai sunscreen untuk remaja ini, yaitu Emina Sun Battle SPF 30.

Produk yang satu ini merupakan contoh produk chemical sunscreen yang relatif aman untuk kamu yang masih belajar maupun pemula yang masih awam perihal cara merawat kulit.

Chemical sunscreen lokal ini mengandung ekstrak Aloe Vera yang melembabkan dan menyegarkan kulit. Ada pula kandungan Dimethicone yang memberi kelembaban ekstra, serta Hydrolyzed Wheat Protein untuk mengencangkan kulit.

Sunscreen chemical ini juga dilengkapi SPF30 yang cukup untuk melindungi dari sinar UV dan digunakan setiap hari. Selain cocok untuk kulit anak muda, sunscreen ini juga aman bagi kamu yang mencari sunscreen untuk kulit kombinasi.

5. Banana Boat Sunblock Ultramist Dry Balance

produk chemical sunscreen

Selain produk lotion dan gel, ada juga produk sunscreen spray yang bisa kamu pilih. Produk sunscreen dari Banana Boat ini memberikan kesan cepat kering dan tidak meninggalkan rasa lengket setelah digunakan.

Dengan kesan akhir yang matte, sunscreen chemical ini juga dilengkapi formula yang menjaga kulit tetap dapat bernapas. Diperkaya dengan SPF50+ sebagai perlindungan efektif broad spectrum UVA/UVB.

Tidak disarankan menyemprotkan langsung ke wajah karena dapat terhirup. Untuk menggunakannya, semprotkan dahulu ke tangan lalu usapkan ke wajah sampai merata.

6. Missha Aqua Sun Gel

rekomendasi chemical sunscreen 1

Rekomendasi chemical sunscreen selanjutnya adalah Missha Aqua Sun Gel. Produk water gel based ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin mencari sunscreen korea untuk kulit berminyak maupun sunscreen untuk kulit bruntusan.

Produk chemical sunscreen untuk kulit berminyak ini kaya akan kandungan glacial milk dan plant water untuk menghidrasi. Ada pula extract antozone-rose  dan thanakha extract untuk melindungi kulit sekaligus menenangkannya.

SPF50+ PA++++ di dalamnya efektif melindungi kulit sepanjang hari dari paparan sinar UV. Selain itu, produk chemical sunscreen ini juga diformulasikan tahan terhadap air, keringat, serta sebum berlebih.

7. Innisfree Aqua Water Drop Sunscreen

kandungan chemical sunscreen

Produk selanjutnya ada Aqua Water Drop Sunscreen dari Innisfree. Sunscreen chemical ini menawarkan tidak hanya sebagai pelindung dari sinar UV, tapi juga manfaat lain pada kulit yang membuatnya tak kalah menarik untuk dicoba!

Produk sunscreen yang menyegarkan di kulit ini juga berfungsi melindungi, mencerahkan, serta merawat garis-garis halus di kulit. Cocok bagi kamu yang penasaran dengan produk sunscreen yang memutihkan.

Banyak kandungan bermanfaat yang ditawarkan oleh salah satu chemical sunscreen terbaik ini. Vitamin E dan Extract Green Tea sebagai antioksidan.

Ditambah lagi kandungan Echium plantagineum seed oil yang bekerja untuk memberikan perlindungan anti-aging.

Produk ini juga mengandung ekstrak kunyit untuk mengatasi masalah peradangan hingga noda bekas peradangan tersebut. Tidak heran bila produk ini tepat dijadikan pilihan chemical sunscreen untuk menghilangkan bekas jerawat.

8. Parasol Moisturizing Sunscreen Lotion

chemical sunscreen untuk kulit berminyak

Chemical sunscreen dari Parasol ini merupakan sunscreen yang aman untuk berbagai aktivitas dan penggunaan harian. Dengan perlindungan SPF30, tabir surya ini bisa kamu gunakan kapanpun.

Produk sunscreen untuk kulit normal ini diperkaya vitamin E untuk menutrisi serta mencegah tanda-tanda penuaan dini. Terdapat pula kandungan ekstrak lidah buaya yang berfungsi sebagai pelembab.

Produk chemical sunscreen ini tidak hanya cocok bagi kamu dengan aktivitas padat dan berkeringat. Formulanya yang water-resistant tetap melindungi kulit saat beraktivitas di air, seperti berenang misalnya. Produk ini juga aman dijadikan pilihan sunscreen untuk cowo.

9. Nivea Sun Protect & White Instant Aura

chemical sunscreen untuk kulit apa

Jika kamu mencari produk sunscreen yang tidak bikin kusam, Sun Protect & White Super Serum bisa jadi pilihanmu. Memiliki tekstur ringan dan tidak lengket, produk dengan perlindungan SPF50+ ini juga tidak meninggalkan white cast.

Dilengkapi dengan kandungan ekstrak Licorice, sunscreen chemical ini bermanfaat mencerahkan dan menyamarkan bintik hitam. Hasilnya membuat kulit tampak lebih cerah dan berseri.

Ekstrak Licorice pun berkhasiat untuk menenangkan kulit dan bekerja sebagai antioksidan. Sehingga kulitmu bisa mendapatkan manfaat perlindungan sekaligus terawat dengan baik.

Meskipun aman untuk dipakai sehari-hari, produk ini tidak diklaim atau direkomendasikan sebagai sunscreen untuk ibu hamil, ya.

10. Vaseline Healthy White Sun + Pollution Protection

chemical sunscreen terbaik

Selanjutnya ada produk dari Vaseline yang merupakan sunscreen badan. Produk ini direkomendasikan bagi kamu terutama yang rentan terhadap polusi dan sering bepergian dengan kendaraan roda dua.

Produk chemical sunscreen ini tidak hanya melindungi dari bahaya sinar UV dengan SPF 24, namun juga menjaga kesehatan kulit yang mudah mengalami masalah akibat faktor eksternal lain, salah satunya radikal bebas.

Dengan formula PPF (Pollution Protection Factor), membuatmu mendapatkan perlindungan maksimal dari polusi udara serta faktor eksternal lainnya.

Kulitmu juga mendapatkan nutrisi dengan kandungan Vitamin B3 yang berperan untuk mencerahkan kulit secara merata. Produk ini tidak disarankan sebagai sunscreen anak ya!

11. Biore Aqua Rich Watery Essence

contoh produk chemical sunscreen

Chemical sunscreen berikutnya merupakan tabir surya yang terkenal karena memiliki tekstur ringan seperti air. Dilengkapi dengan Hyaluronic Acid serta ekstrak Royal Jelly yang melembabkan sekaligus merangsang produksi kolagen kulit.

Sayangnya, produk ini bukan termasuk sunscreen yang tidak mengandung alkohol. Produk ini punya kandungan etanol yang merupakan turunan dari alcohol.

Tidak rekomendasikan juga sebagai chemical sunscreen untuk ibu hamil karena mengandung  Ethylhexyl Methoxycinnamate.

Meski demikian, produk ini dapat dipilih sunscreen untuk semua jenis kulit, lho. Dengan SPF50+ serta aroma lemon segar, produk ini terasa nyaman digunakan seharian. Kamu juga tak perlu khawatir masalah komedo karena diklaim non-comedogenic.

12. Illuminare Sun Protect Face & Body Lotion

non chemical sunscreen

Selanjutnya ada produk dengan formula yang cocok bagi kamu yang mencari sunscreen untuk menghilangkan flek hitam. Sunscreen dari Illuminare ini memiliki perlindungan SPF50+ PA++++ untuk melindungi kulit dari bahaya Sinar UV.

Produk ini menawarkan efek 3in1 yakni melindungi, melembabkan, dan mencerahkan kulit. Dengan tekstur yang ringan, sunscreen ini tidak meninggalkan kesan lengket serta mampu mengontrol sebum.

Illuminare Sun Protect Face & Body Lotion mengandung Vitamin C dan Alpha-arbutin yang bermanfaat mencerahkan kulit. Terdapat pula kombinasi Green Tea Leaf dan Argan oil sebagai antioksidan.

Produk chemical sunscreen juga diperkaya Citrus-Junos Yuzu yang merangsang percepatan produksi sel kulit baru sehingga membuat kulit tetap kenyal, kencang, dan lembut.

Meskipun memiliki banyak kandungan alami yang bermanfaat bagi kulit serta dapat digunakan untuk wajah maupun badan, produk ini tidak direkomendasikan sebagai sunscreen bayi.

13. Somethinc Sunscreen Stick

sunscreen non chemical

Berikutnya ada sunscreen stick dari brand lokal Somethinc bagi kamu yang mencari sunscreen yang praktis. Sunscreen ini menawarkan proteksi optimal terhadap sinar UV dengan SPF50++ dan PA++++.

Produk ini diklaim memiliki tekstur yang ringan dan tidak meninggalkan rasa lengket maupun white cast di wajah. Cocok pula digunakan sebagai makeup based karena memiliki warna yang transparan.

Sunscreen chemical ini mengandung moisturizer untuk melembapkan kulit. Diperkaya pula dengan rice bran oil sebagai antioksidan yang ringan dan aman untuk berbagai tipe kulit.

Jika kamu mencari sunscreen untuk mengecilkan pori pori dan tertarik dengan produk ini, ada baiknya kamu mencari review para penggunanya. Somethinc tidak memberikan klaim bahwa produk ini efektif untuk hal tersebut.

Kesimpulan Produk Chemical Sunscreen

Perbedaan mendasar antara chemical dan sunscreen physical terletak dari bahan-bahan utama penyusun produk ini. Produk chemical cukup menarik karena menawarkan perlindungan dari dalam, serta cenderung memberikan tekstur yang ringan saat digunakan.

Bagi kamu yang mencari produk sunscreen bikin glowing, produk chemical mungkin bukan pilihan yang terbaik.

Jenis chemical sunscreen cenderung mencerahkan dan menyehatkan dari dalam kulit. Berbeda dari sunscreen non chemical yang sering kali menawarkan efek instan.

Nah, apakah ada produk chemical sunscreen yang menarik perhatianmu? Nah, baik chemical sunscreen lokal maupun impor, kamu tetap harus membaca dan memastikan kandungannya agar tidak memberi dampak buruk bagi kulitmu, ya!