Macam Macam Skincare untuk Skin Care Routine Sehari Hari

macam macam skincare

Saat mencari tahu tentang skincare kamu pasti pernah mendengar jika penerapan urutan skincare sangat penting. Menggunakan skin care yang tepat dan langkah pemakaian yang benar akan membantumu mendapatkan hasil perawatan yang optimal.

Namun, meski sudah sering mendengar tentang hal itu, sudahkah kamu benar-benar tahu apa itu skincare? Nah, sebenarnya yang dimaksud skin care ialah produk untuk merawat kulit wajah tanpa perlu melakukan treatment di klinik kecantikan.

Jadi singkatnya, skincare adalah produk yang bisa kamu gunakan secara mandiri di rumah untuk melakukan perawatan kulit. Apalagi jika ingin mendapatkan kulit wajah yang cantik dan bebas masalah kulit tanpa perlu ribet.

Meski begitu, kamu perlu tahu betul mengenai produk perawatan kulit yang harus digunakan. Pasalnya, saat ini ada begitu banyak macam produk skin care, mulai dari skincare remaja hingga skincare cowo.

Nah, bagi kamu yang belum terlalu memahami jenis skincare itu apa aja, maka Bereal akan membahas mengenai berbagai jenis produk perawatan kulit secara lengkap. Keep scrolling, ya!

Macam Macam Skincare

urutan skincare

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa beberapa produk skin care ditujukan khusus untuk menangani masing-masing masalah kulit. Misalnya saja paket skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat, atau rangkaian perawatan wajah untuk pemilik kulit kering.

Meski demikian, jenis skincare untuk berbagai usia cukup berbeda. Misalnya saja, kandungan skincare yang ditujukan untuk usia muda tentu berbeda dengan kandungan yang terdapat di skin care untuk anti aging.

Oleh karena itu, agar bisa menemukan skincare terbaik sangat penting untuk terlebih dahulu mengetahui jenis dan kondisi kulitmu. Selain itu, kamu juga perlu tahu macam macam skincare untuk perawatan kulit wajah.

Jenis skin care sendiri terbagi menjadi beberapa klasifikasi. Mungkin kamu bertanya, pentingnya klasifikasi atau kategori skincare itu apa? Tentu saja hal itu sangat penting supaya kamu bisa menggunakan produk skincare sesuai dengan urutannya.

Apalagi mengingat bahwa langkah tersebut sangat berpengaruh terhadap efektifitas dari produk yang kamu gunakan. Jadi agar memudahkan dalam mengkategorikannya, berikut rangkuman dan penjelasannya untukmu.

Skin care dasar

Klasifikasi pertama merupakan skin care dasar atau juga sering disebut dengan istilah basic skincare. Lantas apa itu basic skincare? Skin care dasar sendiri mengacu pada rangkaian produk skin care mendasar yang dibutuhkan dalam perawatan kulit wajah.

Jadi, basic skincare adalah produk yang perlu kamu gunakan sebelum melanjutkan penggunaan produk skin care yang secara khusus ditujukan untuk mengatasi masalah kulitmu. Adapun produk yang masuk dalam kategori ini adalah;

1. Facial cleanser

skincare remaja

Pembersih wajah atau facial cleanser juga sering disebut sebagai produk first cleanser.  Pasalnya produk skin care satu ini digunakan sebelum membersihkan kulit muka dengan sabun pencuci wajah.

Fungsi facial cleanser sendiri digunakan untuk membersihkan wajah dari makeup, kotoran serta debu yang menempel pada wajah. Beberapa produk pembersih wajah jenis ini adalah

  • micellar water
  • cleansing lotion
  • cleansing oil
  • cleansing balm
  • milk cleanser
  • cleansing wipes
  • make up remover

2. Facial wash

skincare untuk semua jenis dan masalah kulit

Dalam aturan perawatan skincare wajah dikenal istilah double cleansing. Istilah ini merupakan proses membersihkan wajah dengan dua tahapan. Pertama adalah menggunakan facial cleanser, dan yang kedua adalah memakai facial wash.

Manfaat skincare ini sendiri, adalah memastikan sisa makeup, kotoran, dan debu yang menempel pada wajah bersih secara optimal. Melakukan tahapan double cleansing sendiri sangat berguna untuk mengangkat kotoran dan residu dari pori-pori wajah dengan maksimal.

Hal tersebut bertujuan untuk mencegah pori-pori tersumbat yang mengakibatkan munculnya komedo hingga jerawat. Produk facial wash sendiri dibedakan menjadi dua jenis.

Pertama adalah facial foam yang mengacu pada produk yang memiliki hasil busa atau foam yang berlimpah. Sedangkan yang kedua adalah cleansing gel, merupakan sabun pembersih wajah dengan tekstur gel lembut.

3. Face toner

skincare untuk berbagai usia

Pengertian skincare yang lebih sering disebut toner saja ini adalah produk yang digunakan setelah pemakaian facial wash. Fungsi produk skin care ini adalah untuk mengembalikan kembali keseimbangan pH kulit setelah proses mencuci wajah.

Selain itu, toner juga bermanfaat untuk mempersiapkan kulit dalam pemakaian skin care selanjutnya. Jadi produk dan kandungannya pun lebih mudah diserap oleh kulit.

Ada dua jenis toner yang umumnya digunakan.

  • Pertama adalah hydrating toner. Jenis toner ini berfungsi untuk menyeimbangkan kadar pH pada kulit wajah, serta membantu menghidrasi dan melembabkan kulit.

Hydrating toner merupakan salah produk skincare untuk pemula yang wajib dimiliki. Toner jenis ini bisa digunakan dalam tahapan skin care siang maupun malam hari.

  • Yang kedua, exfoliating toner. Toner yang mengandung bahan acid seperti, AHA, BHA, atau PHA. Toner ini digunakan untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit menjadi kusam.

Karena sifatnya yang mengikis lapisan sel kulit mati, maka penggunaan exfoliating toner hanya diaplikasikan saat malam hari. Maksimal penggunaan adalah 3 kali seminggu untuk menghindari iritasi kulit.

4. Pelembab wajah

kandungan skincare

Sesuai namanya, moisturizer skincare artinya adalah produk yang digunakan untuk membuat kulit menjadi lebih lembab. Selain itu, pelembab wajah juga memiliki manfaat untuk menjaga kelembaban kulit.

Moisturizer digunakan setelah memakai toner untuk mencegah kulit menjadi kering dan dehidrasi. Walau demikian, pemilik kulit berminyak maupun kombinasi tetap butuh menggunakan produk ini.

Pada kulit yang berminyak, pelembab wajah berfungsi untuk mengontrol produksi sebum. Sebab pemilik oily skin sekalipun bisa mengalami dehidrasi. Jika kulit dehidrasi, kelenjar minyak justru akan memproduksi lebih banyak sebum.

Moisturizer pun memiliki beberapa jenis yang dibedakan sesuai dengan teksturnya;

  • Moisturizer cream:memiliki tekstur krim yang thick, umumnya lebih cocok untuk pemilik kulit kering.
  • Moisturizer lotion: memiliki tekstur yang lebih encer dan biasanya memiliki warna putih susu. Teksturnya yang sedikit cair tersebut membuat moisturizer jenis ini lebih mudah diserap oleh kulit. Bisa digunakan untuk jenis kulit normal hingga kombinasi.
  • Moisturizer gel: Sesuai namanya, moisturizer ini memiliki tekstur seperti gel yang ringan dan mudah menyerap ke kulit. Biasanya, moisturizer gel memiliki warna yang bening atau keruh.

Pemilik kulit berminyak serta berjerawat akan lebih nyaman menggunakan pelembab wajah jenis ini karena teksturnya yang lebih ringan.

  • Emulsion: Emulsion merupakan pelembab wajah yang memiliki tekstur seperti lotion tapi lebih kental dan thick. Cocok digunakan bagi pemilik kulit normal dan kering.

5. Sunscreen

skincare terbaik

Jenis skin care dasar yang terakhir adalah sunscreen. Produk ini digunakan untuk melindungi kulit serta sel kulit dari kerusakan akibat sinar UVA dan UVB yang dihasilkan matahari.

Selain mencegah kerusakan sel kulit yang bisa mengakibatkan munculnya tanda penuaan hingga kanker kulit. Sunscreen juga mencegah kulit terbakar karena sengatan, serta mencegah terjadinya hiperpigmentasi.

Sesuai dengan teksturnya, sunscreen juga terbagi menjadi beberapa jenis. Pertama adalah sunscreen lotion, kedua adalah sunscreen stick, kemudian terakhir adalah sunscreen spray.

Treatment skin care

Kategori selanjutnya setelah skin care dasar adalah treatment skin care. Produk yang termasuk dalam kategori ini dapat digunakan untuk meningkatkan perawatan kulit. Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil perawatan yang lebih optimal.

Selain itu, bagi kamu serta memiliki masalah kulit, seperti jerawat, aging, dan lainnya dianjurkan untuk menggunakan produk tambahan untuk mengatasinya. Pasalnya skincare yang bagus dalam kategori ini memiliki formula bahan yang lebih kompleks.

Jadi bisa membantu merawat sekaligus menangani permasalahan kulit sesuai targetnya. Ada pun produk perawatan kulit yang termasuk di dalam kategori ini, antara lain;

1. Essence

basic skincare

Bila mencari skincare yang bikin glowing dan putih layaknya wanita Korea, maka kami bisa menambahkan essence dalam rutinitas skincare harianmu. Produk yang ini dibuat dengan bahan utama berupa air sehingga memiliki tekstur yang ringan.

FYI, beberapa merk skincare memiliki nama nama skincare yang berbeda untuk menyebutkan produk essence. Ada yang menyebutnya sebagai toner essence, tapi ada pula yang menyebut hanya essence saja.

Namun kamu tak perlu bingung, kamu bisa membedakan toner dan essence dari teksturnya. Toner memiliki tekstur cair yang mirip air. Sedangkan essence teksturnya cair lebih kental.

Untuk meningkatkan efektivitasnya, essence juga dilengkapi dengan bahan aktif lainnya dan hydroxycitric acid yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Jika ingin memasukkan essence dalam skin care routine, kamu bisa memakainya setelah penggunaan toner.

2. Serum

skincare cowo

Beberapa serum wajah hadir dengan tekstur yang mirip dengan essence, tapi dengan tekstur yang lebih pekat dan kental berwarna bening. Namun ada juga yang menyerupai oil, yang biasanya oleh brand skincare disebut sebagai serum oil.

Kemudian ada pula yang teksturnya cair sedikit kental, tapi dengan warna produk seperti susu. Meski memiliki tekstur berbeda, face serum dirancang dengan kandungan yang lebih kompleks dan memiliki partikel mikro sehingga lebih mudah mengatasi masalah kulit sesuai target.

Kandungan yang ada dalam serum juga diformulasikan dengan bahan yang berbeda, sesuai dengan permasalahan kulit yang ingin diatasi. Misalnya, untuk masalah penuaan dini maka sebuah serum biasanya akan mengandung bahan utama seperti retinol atau bakuchiol.

3. Booster

harga skincare

Produk yang masuk dalam kategori treatment skin care ini juga sering disebut produk pre serum atau pre serum. Fungsi booster sendiri adalah untuk memperkuat dan memperbaiki kinerja skin barrier serta kulit.

Booster memiliki kandungan yang lebih kuat dan kompleks daripada serum wajah. Meski memiliki tekstur yang sama, tapi booster sendiri bertugas untuk membuat kinerja dari kandungan serum lebih optimal pada kulit.

4. Ampoule

skincare yang bagus

Meski hampir mirip dengan essence dan juga serum, tapi ampoule memiliki tekstur yang lebih pekat dibandingkan kedua produk treatment skin care tersebut. Konsentrasi bahan di dalamnya pun jauh lebih tinggi dari serum dan essence.

Perbedaan lainnya adalah terletak pada jangka pemakaian. Karena kandungannya lebih tinggi, maka ampoule tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang. Produk ini sendiri difungsikan untuk mengatasi permasalahan kulit secara cepat.

5. Face oil

apa itu skincare

Minyak wajah atau face oil termasuk produk herbs skincare. Pasalnya produk ini dibuat dari ekstrak bahan alami yang diproses dengan cara khusus untuk mengeluarkan minyak esensial dari bahan tersebut. Jadi face oil juga bisa disebut sebagai skincare alami.

Karena terbuat dari minyak alami, maka beauty skincare satu ini umumnya ditujukan untuk memberi kelembaban ekstra pada kulit. Oleh sebab itu, produk ini menjadi rekomendasi skincare yang perlu digunakan untuk pemilik kulit kering hingga sangat kering.

Additional skin care

Selain produk skin care dasar dan treatment skin care, ada pula produk perawatan kulit tambahan yang bisa kamu gunakan untuk menyempurnakan rutinitas perawatan kecantikan.

1. Exfoliating product

skincare adalah

Selain exfoliating toner, ada dua jenis skincare untuk eksfoliasi yang ada di pasaran. Yang pertama adalah peeling gel, dengan tekstur gel yang lembut sehingga cenderung lebih aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif, dan berpori besar.

Kemudian yang kedua adalah facial scrub, Sesuai namanya produk ini memiliki butiran scrub yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Jenis produk eksfoliasi ini kurang disarankan untuk pemilik kulit sensitif dan kering.

2. Eye treatment

kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan

Mata panda, kerutan sekitar mata, hingga kantung mata menjadi masalah di area mata yang perlu diatasi agar kulit cantik maksimal. Untuk merawat area kulit mata, maka dibutuhkan produk perawatan kulit khusus untuk mata.

Produk eye treatment pun ada beberapa jenis, mulai dari eye cream, eye serum, hingga eye ampoule.

Produk eye care biasanya dibuat dengan kandungan yang memiliki formula ringan. Pasalnya daerah kulit mata lebih sensitif dan tipis dibanding kulit di area wajah lainnya.

3. Lip care

skincare yang aman untuk ibu hamil

Produk yang masuk dalam jenis ini adalah skin care yang digunakan khusus untuk merawat kulit bibir. Contohnya seperti lip balm, lip serum, lip scrub, serta lip mask.

Produk lip care berfungsi untuk melembabkan hingga menjadikan warna bibir menjadi lebih cerah, serta mengatasi masalah warna bibir yang hitam.

4. Acne spot treatment

skincare terbaik di indonesia

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sulit diatasi. Selain perlu menggunakan serum, kamu juga perlu memakai acne spot treatment untuk mengatasinya.

Produk perawatan ini sendiri secara khusus dirancang agar masalah jerawat dapat teratasi lebih cepat. Karena berfungsi untuk mengeringkan jerawat, maka disarankan untuk memakainya hanya pada area yang timbul acne saja.

5. Masker wajah

produk skincare untuk pemula

Ada beberapa jenis masker wajah yang ada di pasaran, yaitu

  • Cream mask: masker bilas yang memiliki tekstur krim umumnya bermanfaat untuk mencerahkan dan melembabkan wajah.
  • Peeling mask: masker dengan tekstur gel yang dibiarkan beberapa waktu, kemudian dikupas ketika sudah kering.
  • Clay mask: merupakan masker bilas yang terbuat dari tanah liat, yang fungsinya lebih detoksifikasi dan menyerap kelebihan minyak pada wajah.
  • Sheet mask: masker berbentuk lembaran tanpa bilas yang fungsinya lebih untuk menghidrasi dan melembabkan
  • Sleeping mask: merupakan skincare sebelum tidur. Sebab penggunaanya dibiarkan semalaman tanpa dibilas untuk memberikan hasil kulit yang lebih plump, cerah, dan lembab pada keesokan harinya.

Itu dia berbagai macam skin care dari berbagai klasifikasi. Harga skincare dari setiap brand memiliki perbedaan. Ada skincare termahal, tapi tak sedikit pula skincare murah yang lebih ramah di dompet setiap kalangan.

Jadi pastikan kamu membeli produk sesuai budget, apakah akan membeli skincare mahal atau skin care drugstore yang lebih terjangkau. Bukan itu saja, jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan kualitas serta kandungan yang ada di dalamnya,

Tips memilih skincare yang paling bagus dan aman

Setelah mengetahui berbagai kategori dan jenis produk perawatan kulit wajah, maka Bereal juga akan memberikan informasi seputar skin care. Contohnya seperti tips memilih skincare yang aman untuk ibu hamil, hingga cara menyimpan produk di tempat skincare yang benar.

ciri ciri skincare cocok

Cara memilih skincare yang aman

Bukan hanya memilih skincare bayi yang aman saja yang perlu diperhatikan, setiap orang sudah sepatutnya memilih produk perawatan wajah yang aman. Cara mudah pertama untuk menemukan skincare terbaik di indonesia adalah pilihlah skincare BPOM.

Di mana yang dimaksud adalah bahwa produk tersebut sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia. Produk yang sudah memiliki nomor registrasi BPOM telah diuji apakah kandungan yang ada didalamnya aman untuk kulit manusia, serta halal atau tidak.

Dengan begitu, skin care yang sudah ber BPOM umumnya telah teruji tidak mengandung bahan berbahaya dan non-halal. Kemudian, hindari menggunakan produk yang mengandung silikon maupun yang memiliki potensi menyumbat pori-pori.

Jadi pastikan untuk memilih skincare non comedogenic. Produk skin care yang tidak menyebabkan komedo ini juga menjadi skincare yang paling banyak dicari oleh para skin care enthusiast.

Nah, sedangkan untuk menemukan merk skincare yang aman untuk ibu menyusui dan hamil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Hindari produk dengan kandungan retinol, alpha arbutin, hydroquinone, BHA seperti salicylic acid.
  • Pilihlah produk yang bebas dari kandungan berbahaya seperti paraben, alkohol, SLS, serta
  • Untuk produk sunscreen pilihlah physical sunscreen
  • Konsultasikan produk perawatan kulit yang akan dipakai ke dokter kandungan dan kulit terlebih dahulu demi keselamatan calon buah hati.

101 skin care ingredients

Menggunakan produk dengan kandungan yang tepat merupakan suatu keharusan jika ingin mengatasi masalah kulit dengan optimal. Jadi sangat penting untuk tahu bahan aktif apakah yang dibutuhkan kulit.

Namun dalam beberapa kasus, ada beberapa orang yang tidak cocok dengan jenis kandungan atau bahan aktif tertentu. Oleh sebab itu kamu perlu melakukan allergen test terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan sebuah produk.

  • Cara mengecek ingredients skincare, apakah bisa menimbulkan efek alergi pada kulit adalah dengan mencobanya lebih dulu di area kulit belakang telinga, Biarkan beberapa waktu untuk mengetahui hasilnya.

Jika tidak muncul gejala alergi seperti gatal dan iritasi, maka itu adalah ciri-ciri skincare cocok untuk kulitmu. Namun, jika muncul gejala alergi maka segera bersihkan kulit dengan air dingin untuk menenangkan kulit

  • Selain itu menggabungkan penggunaan skin care dengan bahan aktif yang berbeda juga bisa menimbulkan efek iritasi pada kulit. Pasalnya ada beberapa kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan.

Beberapa contohnya adalah retinol dengan vitamin C, atau retinol dengan kandungan acid (AHA, BHA, PHA). Kemudian vitamin C dan skin care yang mengandung acid, serta skin care berbasis air dengan skincare berbasis minyak.

  • Sedangkan untuk kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan, diantaranya adalah niacinamide dengan skin care yang mengandung acid, atau niacinamide dan retinol. Lalu  retinol dengan hyaluronic acid, atau skincare dengan kandungan AHA – BHA dengan hyaluronic acid, serta vitamin C dengan hyaluronic acid.

Cara menyimpan skin care yang benar

Menyimpan produk kecantikan terutama skin care dapat mempengaruhi kandungan yang ada di dalamnya. Bahkan berpengaruh terhadap efektivitas produk, karena itu sangat penting menyimpannya dengan benar.

Salah satunya adalah menjauhkan tempat penyimpanan skin care dari paparan sinar matahari langsung. Khusus untuk buket skincare yang mengandung retinol dan vitamin C bisa kamu simpan di dalam kulkas untuk skin care.

Jika tidak memilikinya, simpan produk dalam rak skincare yang tertutup rapat dan tidak terkena sinar matahari. Sedangkan untuk produk yang mengandung minyak esensial tidak perlu menyimpannya di dalam kulkas skin care.

Cara mengatasi kulit yang iritasi karena penggunaan skin care

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa hal yang berkaitan dengan kandungan dalam skin care dapat membuat kulit teriritasi. Selain itu kamu juga perlu berhati-hati ketika ingin mencoba produk baru.

Pasalnya, akibat ganti skincare tanpa jeda bisa membuat kulit mengalami breakout. Jadi sebelum mencoba skincare baru maupun kandungan baru, kamu butuh waktu berapa hari menetralkan wajah untuk mengganti skincare.

Cara menetralkan wajah sebelum ganti skincare yaitu dengan beralih kembali ke tahapan skin care dasar. Hal ini untuk mengembalikan kondisi kulit agar kembali normal.

Pertanyaan yang sering muncul dari para pemula seputar kecantikan

skin care yang bikin glowing dan putih

Selain urutan penggunaan skin care dan jenis produk apa yang cocok untuk jenis atau masalah kulit tertentu. Tak sedikit pemula yang bertanya, apakah setelah memakai skincare boleh memakai bedak?

Jawabannya adalah boleh. Justru menggunakan skin care sebelum memakai produk makeup akan membuat make up menempel dengan sempurna pada kulit. Jadi bedak tidak akan mudah geser dan juga crack.

Bukan itu saja, beberapa orang juga sering bertanya apakah ada cara glow up tanpa skincare? Jawabannya ada, yaitu dengan mengubah gaya hidup ke pola hidup sehat. Namun itu pun tidak bisa memberikan hasil yang optimal.

Jika ingin wajah glowing, cerah, dan terjaga kesehatannya kamu tetap butuh menggunakan rangkaian produk perawatan kulit untuk mendapatkan kondisi kulit tersebut.

Itu dia ulasan lengkap seputar skincare yang Bereal rangkumkan untukmu. Sekali lagi, sebelum memilih produk perawatan kulit pastikan untuk memperhatikan beberapa hal yang sudah dibahas di atas, ya.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut seputar dunia kecantikan, pastikan untuk menunggu artikel terbaru dari Bereal. Bukan hanya soal skin care, di sini kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi yang kamu butuhkan tentang kecantikan.

Skincare Emina